RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : ______________________________
Kelas / Semester : II / 2
Tema 8 : Keselamatan di Rumah dan Perjalanan
Sub Tema 1 : Aturan
Keselamatan di Rumah
Pembelajaran Ke : 6
Alokasi Waktu : (2 x 35
menit) 1 x Pertemuan
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
(KD)
Bahasa Indonesia
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang
sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang
sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian.
PPKn
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang
berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
4.2 Melaksanakan tata tertib dan aturan di
lingkungan keluarga dan sekolah.
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
3.5.6 Menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks
permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
4.5.3 Mendemonstrasikan isi teks permintaan maaf
dalam menjaga kerukunan hidup dalam keluarga.
PPKn
3.2.1 Menyebutkan aturan menonton televisi cara menghemat
energi yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah.
4.2.2 Membiasakan diri melaksanakan aturan menonton televisi cara hemat
energi di lingkungan keluarga
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Dengan membaca teks, siswa dapat menjawab pertanyaan
berdasarkan isi teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam
kemajemukan keluarga dengan tanggung jawab.
¡ Dengan penugasan, siswa dapat mendemonstrasikan isi teks
permintaan maaf dalam menjaga kerukunan hidup dalam keluarga dengan bahasa yang
santun.
¡ Dengan bertanya jawab, siswa dapat menyebutkan aturan menonton televisi cara menghemat energi yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan bahasa yang santun.
¡ Dengan bimbingan guru, siswa dapat membiasakan diri
melaksanakan aturan menonton televisi cara menghemat
energi di lingkungan keluarga dengan jujur.
E. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks permintaan maaf
tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
¡ Mendemonstrasikan isi teks permintaan maaf dalam menjaga
kerukunan hidup dalam keluarga.
¡ Menyebutkan aturan menonton televisi menghemat energi yang berlaku
dalam kehidupan sehari-hari di rumah
¡ Membiasakan diri melaksanakan aturan menonton televise cara menghemat energi di lingkungan keluarga.
F. PENDEKATAN &
METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan :
Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
§
Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut
agama dan keyakinan masing-masing.
§
Guru
mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa
kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” Aturan Keselamatan di Rumah”.
§
Guru
menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Pada awal
pembelajaran, siswa diarahkan mengamati gambar tentang ibu menjelaskan aturan
menonton kepada Udin dan teman-temannya (mengamati).
§
Siswa
kemudian mengidentifikasi isi gambar dan menemukan sikap positif yang ada
pada gambar (menalar).
|
50 menit
|
§
Setelah
mengamati gambar, guru mengarahkan siswa untuk mengajukan pertanyaan
menggunakan kata tanya siapa, apa, di mana, kapan, bagaimana, dan mengapa
sesuai dengan isi gambar dengan bahasa sendiri (menanya).
§
Siswa
saling menukarkan pertanyaan yang telah dibuat dengan teman di sampingnya (mengomunikasikan).
§
Siswa
yang lain memberikan tanggapan terhadap pertanyaan yang diajukan temannya (mengomunikasikan).
|
||
§
Siswa
diarahkan oleh guru untuk membaca teks tentang “Aturan Menonton Televisi”
dengan lancar (mencoba).
§
Bertanya
jawab tentang isi teks yang dibaca (menalar
dan mengomunikasikan).
§
Siswa
diminta menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang dibaca (menalar).
|
||
§
Sebelumnya,
siswa telah tahu isi dari teks yang dibaca.
§
Siswa
kemudian mendemonstrasikan contoh meminta maaf yang baik dengan teman di
depan kelas (mengomunikasikan).
§
Siswa
yang lain menanggapi penampilan dari temannya (mengomunikasikan).
|
||
§
Siswa
mengamati gambar Udin dan Beni menjelaskan aturan menonton televisi (mengamati).
§
Siswa
membaca teks penjelasan Udin dan Beni tentang aturan menonton televisi (mencoba).
§
Siswa
menyebutkan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari yaitu tentang
menonton televisi (mencoba).
|
||
§
Siswa
diminta membaca kolom pembiasaan yang terdapat dalam buku siswa (mencoba).
§
Bertanya
jawab tentang maksud dari isi masing-masing kolom yang ada (menalar dan mengomunikasikan).
§
Siswa
diarahkan oleh guru untuk dapat membisakan diri melaksanakan aturan dalam
lingkungan keluarga.
§
Siswa
berlatih membiasakan diri melaksanakan aturan di lingkungan keluarga (mencoba).
§
Siswa
menulis kebiasan diri sesuai dengan sikap yang biasa dilakukan pada tabel.
§
Siswa
saling menanggapi sikap yang telah diisi pada tabel.
|
||
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa
membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang
materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan
pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran).
|
10 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Keselamatan di Rumah dan
Perjalanan Kelas II (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2014).
¡ Gambar ibu menjelaskan aturan menonton TV.
¡ Teks bacaan tentang “Aturan Menonton Televisi”.
¡ Gambar Udin dan Beni menjelaskan aturan menonton TV kepada
teman-teman.
¡ Kolom pembiasaan diri mengikuti aturan di rumah.
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
A. Teknik
Penilaian
1. Penilaian sikap: Teliti, santun, dan
bertanggung jawab
2. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
3. Unjuk kerja:
B. Bentuk
Instrumen Penilaian
1. Penilaian
Sikap
Berilah tanda centang (P) pada kolom yang sesuai!
No
|
Nama
Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Teliti
|
Santun
|
Bertanggung Jawab
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Ekal
|
||||||||||||
2
|
Aisy
|
||||||||||||
3
|
Zidan
|
||||||||||||
4
|
………
|
*) Menunjukkan perbuatan yang pernah dilakukan berdasarkan tabel
Jawaban: disesuaikan dengan jawaban siswa
2. Penilaian Pengetahuan
Tes Tertulis: Daftar Periksa dan Skor
Penilaian Mengajukan
Pertanyaan dengan Daftar Periksa
No
|
Kriteria
|
Tercapai
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Mampu mengajukan pertanyaan sesuai gambar dengan bahasa
sendiri
|
||
2
|
Mampu menjawab pertanyaan teman dengan benar
|
Hasil Penilaian Mengajukan
Pertanyaan dengan Daftar Periksa
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
||
Tercapai
(P)
|
Tidak
(P)
|
Tercapai
(P)
|
Tidak
(P)
|
||
1
|
Ekal
|
||||
2
|
Aisy
|
||||
3
|
Zidan
|
||||
4
|
………
|
3. Penilaian
Keterampilan
Penilaian: Unjuk Kerja
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian
khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi
siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan
kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP
|
Guru Kelas II
( DEWI RATNA PURI )
NPM 14120167
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar